APOLOGETIK GAMBAR ROHANI

 KELUARGA KUDUS

GAMBAR ROHANI.

Pertanyaan ini sehubungan dengan tanggapan seseorang pada Topik: PEMUJAAN PATUNG !

Bila harus dengan pertanyaan yang mendasar, maka beginilah yang seharusnya Anda ajukan untuk bertanya..

* Apakah sebabnya Gereja tidak melarang gambar-gambar ‘Keluarga Kudus (Yesus, Maria, dan Yosef) yang beraneka ragam itu?

* Tidakkah ada gambar yang mirip betul dengan wajah mereka sesungguhnya?

Berikut, Jawabannya !

Wajah Yesus, Maria dan Yosef belum pernah di gambarkan sewaktu mereka masih hidup. Bahkan para pengarang Injil pun tidak menyinggung tentang bentuk lahir dari anggota-anggota ‘Keluarga Kudus’ tersebut. Memang di Torino masih tersimpan sehelai kain kafah yang memuat goresan wajah seorang pria yang telah menderita sengsara. Tampak pula terdapat luka-luka di kaki dan tangan, bekas-bekas penderaan di tubuhnya serta bekas-bekas duri di kepala.

Oleh sejumlah dibenarkan tradisi suci yang menyatakan bahwa kain itu bekas ‘kafah’ dari jenasah Yesus Kristus setelah diturunkan dari salib. Gambar yang membekas di salib itu sangat mengharukan. Akan tetapi kiranya Gereja Katolik takkan memberikan suatu pengumuman resmi mengenai asal kain tersebut. Hal itu juga tidak perlu.

Setiap pecinta penebus kita bebas untuk membayangkan sendiri bagaimana BENTUK dan RUPA wajah-Nya. Maka dari itu dalam setiap jaman pelukis dari berbagai bangsa menciptakan cara tersendiri guna menolong kita mengingat Tuhan dan dalam meminta pengantaraan-Nya kepada Bapa di surga. Setiap bangsa bebas untuk menciptakan GAMBAR atau ‘PATUNG Yesus sesuai dengan cita-cita kebaikan dan keindahan yang lebih menarik mereka, sesuai dengan gambaran mereka tentang seorang PENEBUS yang dapat diterima tradisi mereka masing-masing.

Maka mungkin gambaran orang-orang Jawa berbeda dengan gambaran orang Irian atau orang Bali, sehingga gambar Yesus yang mereka ciptakan pun berbeda. Yang penting ialah bahwa GAMBAR atau ‘PATUNG tersebut dapat menolong kita umat Kristiani dalam menghormati dan mengabdi Sang Penebus sendiri.

Dengan kata lain gambar tersebut berfungsi sebagai pembantu untuk memperdalam iman kita kepada Tuhan kita Yesus Kristus.. Amin.

Pax Christi–Damai Kristus.

 

♥~Ab imo pectore~♥
Dari lubuk hati yang paling dalam.

7 Komentar (+add yours?)

  1. suprihatin
    Jul 20, 2014 @ 08:07:44

    Terikasihkami jadi tau gambar gambar orang kudus

    Balas

  2. agustina Br. Bagariang
    Agu 14, 2014 @ 02:52:49

    saya tidak meragukan pendapat ini, hanya memang kadang agak rancu kalau kita berbicara ttg simbol? yg di pakai dlm gereja katolik terutama gambar dan patung-patung dari sang teladan kita, misalnya Yesus, Maria, dll. Mungkin jaman mereka hidup tdk secanggih sekarang shgga kita tdk bisa mendapat gambar aslinya krn tdk ada fhoto/kamera?????, tapi paling tidak para saksi mata, sekalipun kemuadian muncul refleksi gereja, tentu bisa memberikan gambaran juga mengenai hal ini bukan. sebagai sebuah tradisi apa yg kita hidupi sekarang ini ttg ajaran iman gereja katolik dll, tentu tdk jauh berbeda dg apa yg dialami oleh orang2 yg hidup pada masa Yesus.

    Balas

  3. Herman
    Sep 16, 2014 @ 15:02:10

    Syalom,
    Salam kenal.! Saya senang dengan design blog ini. Simple namun atraktif.
    Baca juga Kisah hidup para kudus Katolik di : http://www.katakombe.net

    Tuhan Memberkati

    Balas

  4. yustinus noperdi sijabat
    Sep 21, 2014 @ 14:14:01

    semoga iman kita semakin berjaya dari masa ke masa. amin

    Balas

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

Bergabunglah dengan 3.450 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: