APOLOGETIK = PEMUJAAN PATUNG

Yesus

PEMUJAAN PATUNG.

Pertanyaan:

Dalam Sepuluh Perintah Allah tercantum larangan untuk menyembah patung dalam bentuk apa pun. ‘Bagaimana dengan pemujaan patung Yesus?

-hmmm pertanyaan di atas pasti membuat anda berang dan seperti ada yang menjewer kuping anda sehingga PANAS bila yang bertanya adalah mereka yang tidak seiman dengan anda/kita.

Baiklah, saya akan menjelaskan sebagai Jawaban dari pertanyaan di atas..

Menyembah patung apa pun sebagai Allah jelas bertentangan dengan keesaan Allah. Demikianlah ini perintah tersebut. Perintah tersebut diberikan kepada kaum Israel dengan lebih terurai lagi. Mereka tidak boleh membuat patung yang mirip dengan barang di LANGIT, BUMI atau di AIR (Kel 20 : 4 ; 34 : 17 ; Im 19 : 4 ; Ul 4 : 15 – 20).
Rumusannya demikian ketat karena cenderung MENDEWAKAN segala macam patung atau lukisan dan menghormatinya sebagai Allah. Berdasarkan alasan serupa umtaIslam juga menganggapHARAM segala macam patung atau lukisan.

Tafsiran Alkitab yang terlalu HARAFIAH terdapat juga di kalangan umat Protestan”. ( mereka segan terhadap patung dan lukisan) .

Karena kemajuan dunia SENI, PAHAT, LUKIS, atau FOTO moderen yang demikian pesat. Kita tidak lagi menghadapi bahaya bahwa bentuk patung atau lukisan akandidewakan oleh manusia.

– KIRANYA ORANG YANG SEHAT TIDAK AKAN MENYALAHGUNAKAN HASIL BUATAN TANGANNYA ATAU MENYEMBAH HASIL SENINYA YANG SEMPURNA SEKALI PUN !

Kalau rumusan perintah Allah yang cocok untuk orang dan situasi zaman itu mesti ditafsirkan secara harafiah untuk orang sekarang, maka BINATANG, atauBUNGA mesti dibakar karena mengandung bahaya didewakan oleh manusia.

Patung – patung di Gereja atau di rumah dimaksudkan untuk menghormati mereka yang telah mendahului kita dalam perjuangan Suci, yang memberi teladan hidup menuju persatuan dengan Allah Tuhan kita.

Demikian pula patung Yesus tentunya tidak dipandang sebagai Tuhan, tetapi merupakan pangkal pikiran dan minat kita dalam BERDOA dan menghormati Yesus Kristus. Amin.

-Pax Christi–Damai Kristus.

♥~Ab imo pectore~♥
Dari lubuk hati yang paling dalam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: